Kamis, 28 Februari 2019

Tips Pesan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Murah 2019

Harga tiket kereta api sering menjadi sorotan saat ada momen penting seperti tanggal merah ataupun hari raya idul fitri. Banyak orang yang memanfaatkan kereta api sebagai transportasi untuk mudik. Selain karena lebih hemat, menggunakan kereta api tentu juga lebih nyaman dan tidak melelahkan. Sayangnya kalau memesan tiket akan lebih baik jika sudah jauh hari. Terutama ketika anda ingin memesan tiket kereta api mudik lebaran murah 2019.

Tiket untuk pulang kampung di beberapa tujuan di Indonesia selalu ludes terjual hanya dalam beberapa jam. Maka dari itu harus tahu bagaimana cara menyimpan tiket ini untuk perjalanan kita. Berikut merupakan tips bagaimana memesan tiket kereta api untuk mudik lebaran dengan harga murah.

Tips Memesan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Murah 2019
1. Ketahui Jadwal Rilisnya Tiket
Biasanya pihak KAI akan merilis jadwal pesan tiket kereta api mudik lebaran murah 2019 terlebih dahulu. Beberapa hari sebelum pemesanan dilakukan, KAI akan merilis jadwal pemesanan. Anda mengingat tanggalnya dan cek segera ketersediaan tiket ketika jadwal sudah dirilis. Biasanya akan dibuka pemesanan pada jam 00.00 hingga terjualnya tiket sampai penuh. Dengan begitu, anda bisa menemukan tiket kereta api yang murah dengan rute perjalanan yang anda butuhkan.

2. Pastikan Sambungan Internet Stabil
Karena pemesanan via online membutuhkan koneksi internet, maka tentu kita butuh koneksi internet yang stabil. Pastikan sambungan internet pada gadget anda tidak mengganggu proses reservasi tiket. Sebab ketika dalam pemesanan koneksi terputus bukan tidak mungkin tiket kereta api mudik lebaran murah 2019 yang sebelumnya ingin anda pesan telah dibooking cepat oleh orang lain. Salah satu sisi kelemahan online adalah ketika adanya gangguan sinyal atau koneksi internet.

3. Siapkan Data Penumpang
Tips berikutnya adalah dengan mempersiapkan data penumpang sebaik mungkin. Data penumpang memang mutlak untuk diperhatikan. Jangan sampai ada kesalahan dari nama lengkap ataupun NIK di KTP. Agar lebih mudah, fotokopi KTP semua penumpang di satu lembar A4 dengan ukuran yang lebih besar. Kalaupun anda membawa anak-anak dibawah umur, siapkan juga akta lahir agar bisa mengisinya jika dibutuhkan. Data penumpang menjadi salah satu hal penting yang patut dipersiapkan.

4. Siapkan Dana
Setelah memesan tiket kereta api mudik lebaran murah 2019, siapkan dana sesuai dengan jumlah penumpang. Umumnya, pembayaran tiket kereta api ini disediakan jangka waktu sekitar 30 menit hingga 60 menit saja. Manfaatkan waktu sebaik mungkin jika tidak ingin pemesanan anda batal. Pembayaran secara online memang paling mudah. Tetapi jika tidak bisa melakukan pembayaran via online, anda juga bisa memilih merchant ataupun mini market yang sudah bekerja sama dengan channel pemesanan tiket online yang telah dipilih.

5. Gunakan Semua Channel Pemesanan Tiket Online
Pesan tiket kereta api mudik lebaran murah 2019 ini sebaiknya menggunakan berbagai channel. Jika pada salah satu channel tidak berhasil, anda bisa mencoba melalui beberapa online travel agent, market place dan juga minimarket yang sudah bekerja sama dengan PT KAI. Juga, dari pihak KAI sendiri memiliki situs yang bisa anda gunakan untuk memesan tiket kereta api via online.

Gunakan tips pesan tiket kereta api mudik lebaran murah 2019 ini. Pastikan bahwa jadwal pemesanan tiket juga tidak dekat dengan hari H. Karena kemungkinan besar banyak tiket yang sudah ludes terjual. Ada baiknya memesan tiket kereta api untuk mudik jauh hari mulai dari sekarang. Selain menghindari harga yang naik, juga membuat kita mudah menentukan tempat duduk penumpang.